Siapa yang tak kenal dengan onde-onde?












Makanan klasik ini, berkembang luas di asia timur dan tenggara. Malaysia menyebut kue ini dengan kuih bom. Biasanya diisi dengan parutan kelapa manis, kacang atau pasta kacang merah. 

Sedangkan di vietnam, makanan ini biasa diisi dengan pasta kacang hijau manis, daging cincang, ubi, bihun ataupun makanan khas vietnam lainnya. Biasa disajikan dengan sayuran ataupun bahan celupan. info lengkap

Di Indonesia, onde-on de hampir ada disetiap kota. Ada yang terbuat dari terigu dan digoreng kering tanpa isi, biasa disebut onde-onde ketawa. Ada juga onde-onde yang terbuat dari tepung ketan. Biasanya diisi dengan pasta kacang hijau. 

Yang ini resep onde-onde isi kacang hijau. Campuran kentang didalamnya membuat adonan kulit jadi lembut dan tidak meletus saat digoreng. Untuk varian isian, bisa diganti dengan nougat kacang tanah atau pasta kacang merah manis.

Onde-Onde
Kulit
250 gram tepung ketan
50 Gram kentang , kukus dan halus kan
65 gram gula pasir
1/2 sdt garam
175 ml air hangat (Secukupnya)
wijen secukupnya
Air secukupnya


Isian :
250 gram kacang hijau kupas (saya ga dikupas)
150 gram gula pasir
200 ml santan
1/2 sdt garam
1 sdt vanili

Cara buat isian 
rendam kacang hijau 3-4 jam, lalu rebus hingga lunak. Masak 200 ml santan, garam gula hingga tercampur rata, masukkan kacang hijau. Aduk terus sampai kalis dan bisa dipulung. Buat bulatan kecil-kecil untuk isian, sisihkan.

Buat kulit :
Campur tepung ketan, kentang, gula dan garam. Tambahkan air hangat, uleni hingga kalis. Ambil 20 gram adonan, isi dengan pasta kacang hijau, bentuk bulat. Celup dalam air putih, lalu gulingkan diatas wijen. Rendam dalam minyak dingin. Goreng dengan minyak dingin dan api kecil sampai mengapung, lalu teruskan menggoreng dengan api sedang hingga kecoklatan.

Resep asli bisa juga lihat di
http://www.diahdidi.com/2012/02/onde-onde.html?m=1

Rasa kulit onde-ondenya empuk. Plus isiannya juga yummi. Yuk, coba in dirumah. Mudah kan....



Komentar