Wisata Kuliner di Bogor

Tujuan pertama setiap kali pergi ke luar kota adalah makanannya. Searching, googling cari makanan yang khas atau terkenal di Bogor. Sampai deh ke blognya Banyumurti.net.

Makanan ini kalau liat di blog Banyumurti namanya cukring, tapi saya tanya penjualnya langsung katanya cingur goreng. Entah kenapa orang bogor sering kali menyebut makanan yang di rebus dengan Goreng. Perjuangan sampai kesini lumayan juga. Jalan kaki sepanjang Surya kencana, kirain deket. Tau gitu saya naek angkot deh :) Oh ya kebetulan saya menginap di Hotel Amaris Padjajaran, jadi untuk kesana saya harus menyeberang jalan terus naik angkot 06, berhenti di pintu masuk kebun raya  bogor. Atau bilang aja jalan Surya Kencana. Nah, dari sini kita bisa jalan sampai ke perapatan gg aut. Tapi agak lumayan jauh...hehe. Kalau capek jalan bisa naek angkot 02 dan turun di perapatan gg aut. Oh ya, jangan cari warung tenda ya. Bapak ini jual makanannya pake pikulan. Dan karena ga ada kursi terpaksa si bapak pinjem kursi ke tukang bubur. Nah lho....Si cukring ini isinya terdiri dari potongan kikil yang direbus. Kita bisa milih kikilnya lho mau yang gimana bentuknya. Tapi tetep rasanya sama kok. Gorengan yang dipotong kecil-kecil. Gorengannya terdiri dari tempe yang dipotong tipis, kecil, dan tersebar tidak merata dengan balutan terigu dan tepung beras. Jadi garing seperti kerupuk. Bumbunya kerasa banget ketumbarnya. Untuk lontong terserah deh mau pake berapa bungkus, dibungkusnya pake daun apa ya? Sepertinya bukan daun pisang. Siram kuah kacang yang rasanya seperti sate. Rasanya, enak sekaligus unik. Makan sate kikil judulnya. Satu porsi harganya Rp.10,000. Tapi tergantung kalau kita mau tambah kikil atau lontongnya lagi harga bisa nambah.


Kalau yang ini nasi goreng di warung tenda biasa. Hanya referensi dari satpam hotel, karena mau cari makanan yang deket dengan hotel. Tepatnya di Jalan Malabar.



Soto Kuning M. Yusuf 
Letaknya juga di jalan Surya Kencana. Kalau lihat dari foto-foto yang dipajang ada foto pak Bondan Winarno dan beberapa artis lainnya. Isinya bisa pilih, mulai dari daging, kikil sampe segala macem jeroan atau otak ada. Tinggak pilih tingkat kolesterolnya :) Sebagai temen ada perkedel kentang, acar timun dan sambal. Minumnya teh hangat tawar, cocok deh untuk jadi penawarnya. Harga per porsi tergantung potongan daging atau jeroan yang kita ambil Saya kemaren pilih satu potong daging dan kikil plus perkedel habis Rp.25.000.

Sebenernya masih banyak kuliner bogor yang belum sempet dicicipi. Bakal jadi agenda selanjutanya kalau kesini lagi.





Komentar

Kingstaurant.com mengatakan…
Commercial Ice Equipment and Supplies-Distributor of Restaurant Supplies and Equipment.