Brownies 1/2 kilo

Hai...sudah lama banget ga isi blog. Kangen juga :) Bukan karena ga pernah masak, tapi upload fotonya itu yang suka males. Eeh..kepanjangan nanti ceritanya.

Suka brownies kan? Bukan brondong manis lho. Tapi beneran kue bantat yang bahan bakunya sebagian besar coklat. Cocok banget untuk yang pengen gagal diet, hihi. Resep puna mbak Nicke DKania Hoesein. Kenapa namanya Brownies 1/2 kilo? Yup, tepat. Karena bahannya semua serba setengah Kilo. Jadi 4 loyang brownies. Kalau mau bikin setengah atau seperempatnya tinggal diganti aja ya judulnya..hihi.

Tanpa toping atau filling sebenernya rasa brownies sudah cukup nyoklat. Apalagi kalau memang pakai coklat bubuk yang bagus kayak van houten. Tapi, kebetulan lagi ada dan pengen lebih kuat coklatnya di bagian tengah saya taburin coklat blok yang dipotong kecil, potongan kismis biar seger. Plus toping chococips. And niatnya pengen buat sungai coklat seperti browniesnya ummu alegra, namun sepertinya agak gagal ya.

Oke deh, langsung cek resepnya ya. Untuk rasa tergantung selera ya, kalau kata saya sih uenak.

Brownies Setengah Kilo

Bahan :
1/2 kg telur (8 butir)
1/2 kg gula pasir
1/2 kg terigu
50 gram coklat bubuk (pake van houten)
1/2 kg DCC ( Dark Cooking Coklat), lelehkan
250 gram mentega
250 gram minyak
tambahan untuk selera (optional)
100 gr susu bubuk
2 sdm nescafe cairkan dulu dengansedikit air panas

cara membuat very simple :
1. Siapkan 4 buah loyang (30x10x4) alasi kertas kue
2. Panaskan oven
3. Lelehkan coklat dan margarin ditepat terpisah (kalau saya, panaskan margarin hingga leleh tapi tidak mendidih, matikan api. Langsung masukkan potongan coklat batang aduk sampai leleh)
4. Kocok telur hingga memutih kental
5. Masukkan tepung, coklat bubuk, vanili
6. Lalu masukkan bahan cair ( mentega, minyak dan coklat)
7. Tuang dalam loyang dan panggang

Tips
Pastikan oven benar-benar dalam suhu panas. Letakkan dibagian tengah oven (kalau saya pake otang ya). Kalau oven ga panas, shyni crustnya bisa ga keluar.
Untuk filling atau toping suka-suka ya. Laen kali saya mau coba gula putihnya diganti dengan gula palm.
Selamat berkreasi :)

Komentar