PIZZA SIMPLE

Edisi Pizza lagi, karena akhir-akhir ini banyak yang minta buatin Pizza. Karena selera saya cenderung suka pizza yang rotinya empuk seperti roti jadi saya pakai resep ini. Resep asli saya liat di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/. Tapi saya buat seperempat resepnya..hihi..cukup untuk 1 loyang Pizza ukuran 20. Rasanya empuk, gurih plus paduan saos pizza yang pedas manis. Suka deh..

Resep roti
100 Gram tepung teriguProtein tinggi
50 Gram tepung terigu protein sedang
1 sdt ragi instant
2 sdm gulpas
1 sdm susu bubuk
1 butir telur (buang putihnya sedikit)
75 Ml air hangat
1 sdm margarin

Cara membuat roti :
Campur bahan kering, tambahkan telur dan air hangat. Campur hingga kalis, tambahkan margarin. Aduk lagi hingga elastis (saya pake mikser yang spiral kurang lebih 5-10 menit). Hasil adonan tidak lengket dibagian pinggir, tapi tetap lengket dibagian bawah. Tutup dengan plastik wrap, istirahatkan sampai mengembang 2x lipat. Setelah mengembang, Kempiskan, cetak di loyang (gunakan loyang karena adonan agak lengket). Ratakan dengan bantuan plastik, tusuk-tusuk dengan garpu. Langsung tambahkan saos dan toping, istirahatkan kembali 10 menit.

Saos Pizza
1/2 buah bawang bombay potong kecil-kecil, tumis hingga layu
saos sphageti instant (saya pakai yang merk Pr**z,  tapi sesuai selera ya)
saos sambal
sedikit garam
sedikit gulpas
Lada hitam, oregano dan basil secukupnya

Cara membuat saos :
Campur semua bahan, aduk rata dan dicicipi. kalau sudah oke, bisa langsung digunakan.

Toping :
Sosis
Jamur kancing kemasan
(Tumis sosis dan jamur kancing dengan sedikit minyak)
Paprika (boleh diskip)
Keju leleh
Keju Cheddar

Penyajian; tata saos diatas roti pizza mentah yang sudah ditusuk-tusuk garpu, tambahkan saos, dan toping. Istirahatkan selama 10 menit. Panggang hingga matang kurang lebih 15 menit.

Tips memanggang pakai otang : Panaskan Oven sampai suhu hampir 175 derajat celcius. Posisi putaran api gas di posisi maksimal. Lapisi bagian bawah oven dengan dua loyang. Roti harus dipanggang dengan api besar agar mengembang sempurna dan lembut. Selamat mencoba ya...

ini versi mininya, bisa gunakan loyang muffin ya:)

Komentar