Cheese Stick Tanpa Telur

Si kecil suka banget sama cheese stick. Tiap libur selalu bujuk mamanya buat. Padahal, buat cemilan ini paling males banget pas gilingnya. Musti pake LG (alias lengan gede). Tapi untuk anak tercinta apalah yang ga dilakukan...hihi. Biar badan pegel plus masih ga fit, tetep kita terjun ke dapur. Sengaja cari yang ga pake telur. Biar irit plus sekalian ngurangin kolesterol :) Niatnya mau pake keju hanya 100 gram saja. Mata meleng sedikit satu blok keju dah kecebur di tepung sama si kecil. Finally, diparutlah semua. Hasilnya tentu jadi tambah mantap , keju banget rasanya .

Bahan :
325 Tepung Terigu Serbaguna
125 Gram Tepung Sagu/Tapioka
1 sdt garam halus
180 gram Keju cheddar (bisa 100 gram saja atau secukupnya/bisa juga diganti dengan 1 sdm kaldu ayam)
150 cc Air mendidih, hilangkan uap panasnya. Tambahkan 1 sdm margarin. Aduk rata sampai margarinnya lumer
125 gr bawang merah cincang halus
1 ikat daun seledri (beli seribu dipasar) cincang kasar

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, sagu dan garam hingga rata. Tambahkan keju cheddar, bawang merah dan seledri. Aduk rata. Tambahkan air, adon hingga kalis. Untuk air menyesuaikan ya. Dilihat kalau kurang bisa ditambah sedikit atau kalau lebih bisa dikurangi. Tetep pake jurus feeling :)
Giling dengan ampia, potong-potong. Lalu goreng dengan minyak banyak dan api sedang cenderung kecil, agar hasilnya bagus dan tidak cepet mutung. Tiriskan di tissu dapur, setelah kering simpan di toples.

Rasanya gurih dan enak. Agak berbeda rasanya dengan yang pakai telur. stcik ini cenderung lebih garing. Pakai atau ga pakai telur menurut saya sama enaknya kok.

Tips : untuk yang tidak punya gilingan mie. Bisa menggiling dengan botol bekas sirup, lalu digunting kecil-kecil.


Komentar