DONUT DAN PIZZA KENTANG

Setelah sekian lama ga masak karena sibuk pindahan, akhirnya bisa balik ke dapur lagi. si kecil sudah lama banget minta bikinin donut, terinpirasi karena baca buku ceritanya. Setelah googling kemana-mana, diputuskan untuk cona resep dari http://nandangwuyung.blogspot.com/2013/06/donat-kebalik-kentang-empuk-base-recipe.html. Buatnya ga capek ngulenin, dan hasilnya lembut...sebagian dikasih toping coklat keju, sebagian digoreng setengah matang untuk sarapan besok pagi dan sebagian lagi di buat pizza.



Biang:
150ml air matang hangat
11gr ragi instan
1sdm gula pasir
(campur jadi satu, tunggu 10menitan sampai berbuih. Sambil nunggu, siapin bahan yg lain)

Bahan:
75gr margarine
75gr gula pasir
1/4sdt garam
2butir kuning telur
250gr kentang kukus, haluskan (saya pake blender, kentang dicampur dengan dua kuning telurnya, soalnya ga punya choper ..hihi..)
500gr tepung protein tinggi

1. Campur margarin, gula, garam, telur dan kentang. Aduk rata (saya cukup pakai garpu).
2. Tuang adonan biang. Aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai sekiranya cukup berat untuk diaduk, mulai pergunakan tangan. Lanjutkan dengan cara menguleni sampai tepung habis dan tidak lengket ditangan. Tenaaannnggg gak beraaattt.. cukup diumek-umek aja.. hihihi
Kalau saya dua kali nguleni. Yang pertama setalah tepung habis, diamkan 5-10menit. Baru setelah itu uleni lagi. Jadi makin elastis :D
4. Diamkan 30-45menit. adonannya membumbung tinggi
5. Ambil adonan letakan di meja yg telah di taburi tepung. Bagian atas adonan juga di taburi tepung ya biar gak lengket di penggilesannya. Adonannya lembut banget.
6. Gilas, bentuk.  saya dicetak pake gelas terus lubangi tengahnya dengan tutup botol. ga punya cetakan juga ..
7. Diamkan 15menit.
Goreng dengan api banyak, api sedang sambil bagian tengah donut diputar-putar dengan tusuk sate. Kalau belum mau dimakan semua, goreng setengah matang. Besoknya bisa dipanaskan lagi taburi gula atau beri toping.

Untuk Pizza tinggal diberi toping saos spagheti instant yang dicampur sedikit saos sambal. Taburi toping (sosis, jagung dll) Taburi keju. Lalu panggang 200 derajat celcius kurang lebih 10 menit.

Komentar