PIZZA MINI


http://cumapemula.blogspot.com/2013/07/aneka-roti-dengan-water-roux-methode.html. Resep asli aku lihat di blog ini ya...Takut dibilang plagiat saya cuma uji resep aja..he...
 
Dari banyak resep yang saya buat ternyata Pizza ini yang malah sering dipesan orang. Padahal saya niatnya ga bakulan kue :) tapi tak apalah, praktek sekaligus dibayar..he..

Sebenarnya resep roti pizza seharusnya plain saja dengan terigu plus minyak. Karena saya suka yang teksturnya seperti roti, jadi ini resep roti manis tapi diberi toping pizza, dengan metode water roux
Bahan biang :
25 gram tepung terigu
125 ML air
Cara buat :
aduk terigu dan 125 ML air sampai rata. Masak dengan api kecil hinga membentuk pasta encer. dinginkan.
Bahan kering :
190 gr terigu protein tinggi
50 Gram terigu serbaguna
18 gr susu bubuk
40 gram gula kastor (saya cuma pakai 20 gram, krn mau diberi toping pizza)
1/2 sdt garam
1,5 sdt ragi instant
1 kuning telur, kocok lepas
75 Ml air dingin
25 gram margarin
1/2 bagian pasta water roux
Cara membuat :
Campur semua bahan kering kecuali garam hingga rata, buat lubang ditengahnya. masukkan kuning telur dan pasta water roux hingga rata. tambahkan air dingin aduk sampai setengah kalis, tambahkan garam dan margarin sampai elastis (saya pakai mixer yang bentuk spiral) lebih cepat..he..tutup dengan plastik wrap sampai mengembang dua kali lipat (kurang lebih 45 menit). Timbang sesuai selera, bentuk dan diamkan lagi 30 menit sampai mengembang.

Untuk bentuk pizza tusuk-tusuk dengan garpu adonan agar tidak mengembung. Oleskan dengan saos pizza, taburi sosis, keju quick melt dan terakhir keju cheddar.

Panggang 10-15 menit dengan suhu 200 derajat celcius (kira-kira saya pakai otang , jadi putaran api saya maksimalkan dibagian bawah loyang saya lapis dua agar tidak mutung.

Resep Saos Pizza
1 bungkus saos spageti instant
1/2 buah bawang bombay
sedikit lada hitam, oregano, basil
saos sambal sesuai selera
1 sdm gulpas
garam secukupnya

Aduk rata dan siap dioleskan ke Pizza mini.
 
Toping
Sosis
Jamur Merang
Keju quick Melt (tak ada mozzarela :))
keju cheddar

Komentar